Kamis, 04 Desember 2014

Profil Perusahaan Dharma Lautan Utama

 SEJARAH

Perjalanan kami dimulai dengan cita-cita mulia dan komitmen yang tangguh.

15 Februari 1976. Perusahaan ini didirikan oleh Alm. Bapak Soekarno yang secara resmi menjadi Presiden Direktur Perusahaan. Pada awalnya, PT. Dharma Lautan Utama (PT. DLU) hanya mengoperasikan tiga (3) buah kapal feri yang disewa oleh PJKA. Pada tahun tersebut, PT. DLU berhasil membangun sebauh kapal baru. Kapal pertama tersebut diberi nama KMP. Joko Tole yang beroperasi pada lintasan Ujung - Kamal. Kantor Utama terletak di Jalan Pandan No. 12 Surabaya
Juni 1977. Beroperasinya kapal kedua kami, KMP. Trunojoyo di jalur Ujung - Kamal. Hal ini menunjukkan komitmen kami untuk membangun armada dalan bisni feri.
1980. Bapak Soekarno meninggal dunia pada umur 46 tahun. Kemudian posisi sebagai Presiden Direktur digantikan oleh istrinya. Sebagai penerus perusahaan dan seorang ibu dari enam anak, Nyota Soetartini Soekarno memiliki tanggun jawab besar untuk mewujudkan cita-cita.
Mei 1989. Awal dari era baru dalam bisnis kami yang ditandai dengan dibukanya lintasan baru di luar pulau Jawa, yaitu Somber - Panajam, Balikpapan, Kalimantan Timur. KMP Trunojoyo digunakan untuk melayani lintasan ini.
April 1992. Dibukanya lintasan baru di Lombok Timur - Sumbawa dengan menggunakan KMP Dharma Cakra.
Agustus 1992. Pembukaan jalur baru Lombok Barat - Bali dengan menggunakan KMP Dharma Kosala.
Januari 1993. Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di bagian timur propinsi Jawa Timur, kami membuka lintasan baru yang menghubungkan Jangkar - Kalianget dengan melintasi selat Madura. Untuk lintasan ini kami menggunakan KMP Dharma Menggala.
Juli 1995. Kami mengembangkan layanan dengan membuka lintasan baru yang menghubungkan Jawa (Ketapang) - Bali (Gilimanuk) menggunakan KMP Dharma Badra.
Maret 1998. Pembukaan kantor pusat baru. Sebuah gedung dua lantai yang terletak di Jalan Kanginan No. 3-5 Surabaya, yang memudahkan kami dalam memusatkan seluruh aktifitas perkantoran.
April 1998. Ekspansi bisnis yang ditandai dengan pembukuan rute transportasi jarak jauh, seperti lintasan Jawa (Surabaya - Semarang), Kalimantan (Banjarmasin Sampit). Jalur-jalur ini adalah poros ekonomi utama antar kedua pulau tersebut.
2000. Pembukuan rute transportasi jarak jauh lainnya, yaitu lintasan Ujung Pandang, Bau-Bau, Ende, Maumere, dan Kupang.
2004. PT Dharma Lautan Utama mengoperasikan 24 kapa untuk melayani 18 rute perjalanan di perairan Indonesia.
2006. Kami meluncurkan logo baru yang merefleksikan dinamika perusahaan selama lebih dari tiga dekade dan menunjukkan komitmen kami untuk selalu meningkatkan kualitas layanan. Hal ini juga untuk menandai dirgahayu perusahaan ke-30. Kami juga mengembangkan kantor pusat kami dengan membangun gedung berlantai empat yang terletak di depan kantor pusat lama.
Januari 2007. Ir. Bambang Harjo S menggantikan posisi Ibu Hj. Soetartini Soekarno sebagai Direktur Utama.
September 2007. Pengadaan fasilitas perawatan kapal, yaitu PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia.
Maret 2008. Pembukaan cabang baru lintas Sape (P.Sumbawa) - Labuhan Bajo (P.Flores).
Juli 2008. Pembukaan cabang baru lintas Merak (P.Jawa) - Bakauheni (P.Sumatera).
Januari 2010. Akuisisi Hotel Graha Senggigi Mataram - Nusa Tenggara Barat.


VISI & MISI

Kami melayani negeri dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan sebagai tamu kami yang terhormat.

PT Dharma Lautan Utama adalah sebuah perusahaan yang melayani transportasi laut dan penyeberangan feri di seluruh Indonesia. Segmen pasar kami terutama dari golongan menengah kebawah, selain itu juga membawa penumpang, kargo dan kendaraan. Hal itu menyebabkan muatan di segala lini harus sesuai dengan kemampuan pengguna.
Kebijakan harga kami menunjukkan kepedulian dan komitmen untuk membantu masyarakat meningkatkan taraf kesejahteraan dan memajukan pembangunan ekonomi regional selaras dengan implementasi Otonomi Regional tahun 1999.
  • Komitmen Kami

We Serve The Nation

  • Filosofi Perusahaan
  • Misi
    • Layanan yang mencakup seluruh wilayah nusantara
    • Dioperasikan oleh manusia Indonesia yang profesional dengan perlengkapan teknologi lanjut (advanced technology)
    • Menjamin mutu layanan jasa dengan standar internasional
    • Memberikan nilai tambah maksimal
    • Mempunyai daya saing bisnis tinggi
  • Visi
    • Misi Sosial
      • Memberikan jasa pelayanan penyeberangan atau pelayaran antar pulau dengan biaya terjangkau oleh masyarakat luas
    • Misi Ekonomi
      • Memberikan kontribusi atau sumbangan bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan regional
      • Memberikan nilai tambah yang maksimal bagi pemakai jasa penyeberangan atau pelayaran
    • Misi Bisnis
      • Mendapatkan keuntungan yang wajar dari kepuasaan pemakai jasa guna mempertahankan keberadaan usaha
      • Mendapatkan pertumbuhan perusahaan yang terbaik
      • Memberikan kepuasan maksimal bagi pemilik modal, karyawan, pemasok atau mitra bisnis
  • Motto Perusahaan

    Anda adalah tamu kami yang terhormat

Sumber : PT Dharma Lautan Utama (www.dluonline.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar